Cari
  • Herman Umbu Billy

"GREENSHIP" Sistem Rating Bangunan Hijau Untuk Indonesia

Diperbarui: Mar 29

Sistem rating bangunan hijau untuk Indonesia yaitu GREENSHIP, sebuah perangkat penilaian yang disiapkan dan disusun oleh Green Building Council (GBC) Indonesia, untuk menentukan apakah suatu bangunan dapat dinyatakan layak bersertifikat bangunan hijau atau belum.



dikutip dari Green Listing Indonesia Magazine, Sistem rating bangunan hijau GREENSHIP mempunyai beberapa tipe (disesuaikan dengan jenis gedung) yaitu:


1. New Building / Gedung Baru


Greenship for New Building (gedung baru) komersial adalah suatu bangunan yang didirikan diatas suatu lahan kosong atau bangunan lama yang dibongkar dengan peruntukan sebagai fungsi perkantoran, pertokoan, rumah sakit, hotel dan apartemen. Pertimbangan yang dilakukan dalam memilih tipe New Building ini sebagai perangkat penilaian yang pertama kali disusun adalah karena dinilai lebih mudah dibandingkan dengan tipe lain seperti gedung terbangun (existing building) dan lain-lain.


2. Existing Building / Gedung Terbangun


Greenship for Existing Building (gedung terbangun) adalah sistem rating untuk sertifikasi bangunan gedung yang telah lama beroperasi minimal satu tahun setelah gedung dibangun dan peruntukan gedung sebagai perkantoran, pertokoan, apartemen, hotel atau rumah sakit baik pemerintah maupun swasta. kompleksnya variabel yang harus dipertimbangkan dalam implementasi green building pada gedung terbangun banyak terkait dengan manajemen operasional dan pemeliharaan gedung. Sebanyak kurang lebih 98% bangunan di Indonesia adalah gedung terbangun, maka hal ini merupakan tantangan GBC Indonesia untuk mengajak semua pihak menerapkan praktik green building.


3. Interior Space / Ruang Interior


Sasaran yang dituju oleh Greenship Ruang Interior adalah pihak pengguna yang pada umumnya merupakan suatu badan usaha berbentuk manajemen perusahaan penyewa dan menggunakan sebagian atau keseluruhan ruangan didalam gedung dan diikuti oleh proses kegiatan fit out yang berfungsi untuk mengakomodasi aktivitas perusahaannya. Lingkup penilaian dari Greenship Ruang Interior ini juga tidak hanya sebatas aktivitas fit out semata, tetapi juga meliputi kebijakan pihak manajemen dalam melakukan pemilihan lokasi atau pemilihan gedung serta pengelolaan yang dilakukan oleh pihak manajemen setelah aktivitas didalamnya mulai beroperasi.


4. Tingkatan Peringkat Bangunan Hijau


Untuk menciptakan sebuah green building, harus dilalui serangkaian proses dengan terlebihdahulu menetapkan target peringkat yang ingin dicapai, adapun peringkat-peringkat tersebut adalah: Platinum, Emas, Perak dan Perunggu.


0 tampilan

© 2008 by CivilARC INDONESIA | CIVILARC.ID