Cari
  • Herman Umbu Billy

DIGITAL MARKETING



Pada saat menulis artikel ini, kita masih dalam situasi pendemi covid-19, namun saya berkeyakinan kita akan segera memasuki situasi normal yang baru, dengan standar interaksi sosial yang baru, kita berdamai dan hidup bersama covid-19. Krisis-krisis sebelumnya (krisis yang terjadi sebelum krisis karena covid-19) UMKM & UKM menjadi tulang punggung ekonomi, khususnya ekonomi di Indonesia. Namun kini UMKM & UKM tidak bisa maksimal dalam menjalankan usahanya dan cenderung terus melemah karena penerapan social distancing yang terus berlanjut dan kelihatannya akan terjadi dalam waktu yang lama.

Bisnis UKM khususnya UMKM sebagian besar membutuhkan interaksi sosial di lokasi usahanya, pada saat ini di Indonesia bahkan di seluruh dunia sedang menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat yang salah satunya adalah social distancing/physical distancing. UMKM & UKM harus menemukan jalan keluar baru, ekonomi harus terus berjalan agar para pelaku UKM dan UMKM beserta keluarganya bisa terus melanjutkan hidup.

Masyarakat sebetulnya sudah sejak beberapa tahun yang lalu mengalami perubahan prilaku berbelanja atau mencari kebutuhan konsumtifnya, banyak orang yang saat ini melakukan berbagai macam transaksi pembelian melalui cara-cara digital seperti beberlanja dan membayar tagihan menggunakan jasa platform-platform e-commerce dan atau marketplace. Pada masa krisis seperti sekarang ini terjadi percepatan digital disemua lini kehidupan, di semua sektor termasuk bisnis, saat ini adalah waktu yang tepat bagi UKM dan UMKM untuk shifting dan mengembangkan usahanya dengan cara masuk ke metode pemasaran digital, maka menjadi wajib bagi UKM dan UMKM mempelajari dengan lebih detail dan serius mengenai Digital Marketing, karena saat ini kita meminimalisir interaksi sosial maka jalan keluarnya adalah interaksi digital.

Berikut adalah poin - poin penting yang harus dipelajari jika UKM & UMKM berkeinginan membangun strategi digital marketing usahanya:

  • SEO (Search Engine Optimization)

  • SEM (Search Engine Marketing)

  • Content Marketing

  • SMM (Social Media Marketing)

  • Email Marketing

  • Iklan PPC (Pay per click) & PPM (Pay per impression)

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, tentu kalau kamu seorang pengusaha UKM atau UMKM akan tepat jika kamu sudah mempelajari detail mengenai digital marketing dan mulai membangun kanal-kanal digital sebelum masa krisis ini, bagi yang sudah melakukan ini sebelum masa coronomi tentu saat ini lebih mudah untuk shifting, memanfatkan jejaring digital. Bagi kamu pengusaha UKM dan UMKM yang belum mempelajari dan menerapkan digital marketing sampai saat ini saran saya segera lakukan hari ini juga.


2 tampilan

© 2008 by CIVILARC INDONESIA | CIVILARC.ID