Cari
  • Herman Umbu Billy

Capital Expenditure (Capex) dan Operating Expenditure (Opex)



Capital expenditure (capex) adalah pengeluaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menciptakan manfaat masa depan. Dengan kata lain capex merupakan pembelanjaan aktiva tetap yang bertujuan untuk menambah nilai aset serta memperluas kemampuan perusahaan dalam meningkatkan profit.


Operating Expenditure (opex) atau Biaya Operasional adalah pengeluaran yang biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan saat memenuhi kebutuhan operasional. Dengan kata lain opex juga adalah biaya yang dikeluarkan untuk tetap menjaga kelangsungan aset serta menjamin aktivitas perusahaan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.


Capex adalah belanja modal untuk pembelian dan pengadaan aset, sedangkan opex adalah beban usaha, pengeluaran operasional, belanja modal untuk operasional.


Capex tidak dapat sepenuhnya dipotong pada periode akuntansi ketika mereka terjadi, aset berwujud disusutkan dan aset tidak berwujud diamortisasi, sedangkan opex adalah beban usaha sepenuhnya dikurangkan dalam periode akuntansi di mana mereka terjadi.


Capex mengisyaratkan dana yang dihabiskan untuk persediaan berada di bawah belanja modal, sedangkan dana yang diha biskan mengubah persediaan menjadi throughput adalah opex.


Capex juga dapat diartikan sebagai biaya yang dikeluarkan untuk membeli properti menghasilkan pendapatan, membeli mesin dan peralatan lainnya, mengakuisisi aset properti intelektual seperti hak paten. Opex adalah biaya yang terkait dengan operasi dan pemeliharaan dari properti menghasilkan pendapatan, membeli mesin dan peralatan sebelum mengakuisisi aset properti intelektual seperti hak paten.




63 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua