Cari
  • Herman Umbu Billy

PROPERTI INTELEKTUAL

Perubahan besar yang terjadi pada dunia usaha atau ekosistem bisnis saat ini adalah bergesernya perekonomian dunia dari modal berbasis finansial ke modal berbasis intelektual. Pengetahuan tidak lagi semata-mata menjadi faktor produksi saja, namun juga menjadi penentu keberhasilan perusahaan, sebagai sumber keunggulan kompetitif. Modal intelektual yang dimaksud adalah sebagai berikut:



HUMAN CAPITAL

Human Capital meliputi bakat, kreativitas, keterampilan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang tercermin dalam strategi, rencana, serta proses inovasi yang dikembangkan dan dicapai oleh orang-orang yang ada dalam perusahaan, profesional atau ekosistem bisnis.


STRUCTURAL CAPITAL

Merupakan akumulasi pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki perusahaan dan atau profesional. Bentuk modal ini meliputi pemrosesan, perangkat lunak, hak paten, hak cipta dan yang terpenting adalah pengetahuan dan pengalaman yang bersumber dari orang-orang yang ada dalam perusahaan atau ekosistem bisnis.


CUSTOMER CAPITAL

Meliputi reputasi yang positif, hubungan yang terus menerus dan goodwill yang dibangun oleh perusahaan sepanjang waktu dengan pelanggannya sehingga menciptakan loyalitas dan kepercayaan.


Ketiga modal intelektual diatas merupakan landasan yang sangat penting untuk dapat bersaing secara efektif dan berkelanjutan. Pergeseran pengetahuan telah menyebabkan perubahan sistem bisnis dunia, kreativitas dan inovasi menjadi kunci keberhasilan dan keberlanjutan bisnis saat ini dan tentunya dimasa depan.


7 tampilan

© 2008 by CIVILARC INDONESIA | CIVILARC.ID